Melanjutkan beberapa faktor dan alasan kenapa RIM produsen Blackberry kalah dan ditinggal jauh oleh para pesaingnya.
Pelajaran # 5: Membuat gairah untuk terus membuat produk bagus
Menjadi penggerak pertama di pasar memungkinkan anda untuk mendominasi dalam waktu yang sangat lama. Tetapi juga
bisa membuai Anda untuk tidur dan orang-orang di perusahaan Anda dan seluruh manajemen jatuh karena telah benar-benar puas.
Tidak ada yang berani atau kurang ajar
tentang BlackBerry. Mereka tidak pernah dijual agresif atau mencoba untuk
menembus pasar baru. Mereka puas dengan
status quo dan orang-orang mulai kehilangan gairah untuk produk itu, sehingga
persaingan untuk meraih pangsa pasar menjadi terbuka lebar.
Pemasaran Pelajaran: Jika Anda memiliki
produk yang revolusioner, Anda harus cepat mencari cara untuk mendukung
permintaan pasar dan mencari peluang baru dengan agresif seperti yang DropBox lakukan.
Selalu berinovasi untuk memenuhi apa yang pelanggan inginkan. Kejarlah pasar baru.
Jaga gairah.
Pelajaran # 6: Menjaga roda utama keuntungan Anda
Masalah utama RIM adalah bahwa mereka
pikir mereka telah membuat jatuh dan menghantam kompetitor mereka. Pada tahun 2007,
mereka berada di puncak dunia ...
Mereka tahu bahwa mereka memiliki pangsa
pasar yang begitu banyak sehingga tak ada yang bisa mengalahkan mereka. Namun penjualan terus menurun
sejak mereka masih menjadi penguasa dunia
Apa yang terjadi?!
Mereka berhenti berinovasi dan
meluncurkan pengulangan produk yang membosankan. Mereka kehilangan arah mereka dan berhenti
mendengarkan pelanggan mereka karena mereka pikir mereka telah mengunci persaingan.
Hal yang sama terjadi pada Kodak dan HP.
Mereka pikir mereka akan terus memiliki pangsa pasar karena mereka adalah pemimpin pasar Tapi kita telah melihat bahwa pasar bisa berubah dalam waktu kurang
dari satu tahun ketika datanglah Apple dan Google untuk menyedot uang mereka.
Pelajaran Pemasaran: Jangan pernah
berhenti meneliti pesaing Anda dan memperhatikan bahkan pemain terkecil di pasar karena mereka mungkin memegang kunci untuk laba masa depan untuk Anda.
Pelajaran # 7: Ganti manajemen cepat puas
Masalah RIM adalah bahwa manajemen mereka
menolak untuk melakukan perubahan yang diperlukan. Mereka terus-menerus membicarakan tentang posisi RIM, yakin bahwa uang akan mengalir masuk sampai akhir zaman.
Mereka menolak untuk melihat Apple atau
Google sebagai pesaing yang perlu dikhawatirkan karena mereka merasa mereka adalah penggerak pertama yang telah mengunci pasar. Sayangnya, mereka tidak pernah
datang dengan gagasan lain baru yang besar sejak meluncurkan Blackberry.
Pelajaran pemasaran: Dapatkan orang ke
dalam posisi kepemimpinan yang dapat membawa perspektif menyegarkan untuk
perusahaan Anda dan produk. Kelilingi diri Anda dengan pemikir kreatif. Jangan
biarkan kepuasan dari manajemen menahan perusahaan karena akan mengakibatkan
kegagalan.
Pelajaran # 8: SELALU Buat lebih dari satu produk
Seperti yang telah saya sebutkan di atas, BlackBerry lebih terkenal dari perusahaan. Bahwa ketenaran tersebar karena apa yang
disebut "crackberry," dan tampaknya bahwa BlackBerry tak terkalahkan
dan akan mendominasi untuk waktu yang lama.
Tapi Anda tidak bisa bertahan sebagai
perusahaan jika Anda hanya memiliki satu produk. Ini tidak pernah cukup. The
Fusion BlackBerry Mobile adalah langkah yang baik ke arah yang tepat bagi
perusahaan ... tapi mungkin terlalu terlambat. Hanya waktu yang akan memberitahu.
Pemasaran Pelajaran: Kelilingi diri Anda
dengan orang-orang yang terus-menerus akan mendorong ide-ide baru. Contohlah Google Labs dan semua produk yang keluar dari sana. Penduduknya 'yang
bergairah tentang menciptakan produk yang lebih baik bagi pengguna akhir. Tidak
semua produk akan sukses, tetapi beberapa yang benar-benar besar, seperti
Gmail, telah mengubah permainan. Beberapa produk memungkinkan Anda untuk
mengkonsumsi dari pasar yang berbeda dan tidak benar-benar hanya pada satu.
Kesimpulan
Setiap perusahaan bisa gagal untuk
melibatkan pelanggan dalam jejaring sosial dan membangun produk yang dicintai insinyur,
tapi dibenci konsumen. setiap perusahaan bisa berpuas diri dan mengabaikan
nilai dalam ide-ide karyawan untuk berinovasi.
Apa yang terjadi kepada RIM bisa terjadi
pada Google, Apple atau DropBox. Hal ini dapat terjadi pula pada Anda. Itulah
sebabnya pelajaran pemasaran nyata dalam kematian RIM yang perlahan adalah untuk
selalu berada di jari-jari kaki Anda. Seperti mantan CEO Intel Andy Grove
pernah berkata, "Hanya orang paranoid yang mampu bertahan hidup."
Penulis : Azis White
Pekerjaan : mahasiswa Teknik Elektro Universitas Sriwijaya
0 komentar:
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.