19.16

Melanjutkan beberapa faktor dan alasan kenapa RIM produsen Blackberry kalah dan ditinggal jauh oleh para pesaingnya.

Pelajaran # 5: Membuat gairah untuk terus membuat produk bagus

Menjadi penggerak pertama di pasar memungkinkan anda untuk mendominasi dalam waktu yang sangat lama. Tetapi juga bisa membuai Anda untuk tidur dan orang-orang di perusahaan Anda dan seluruh manajemen jatuh  karena telah benar-benar puas.

Tidak ada yang berani atau kurang ajar tentang BlackBerry. Mereka tidak pernah dijual agresif atau mencoba untuk menembus pasar baru. Mereka puas dengan status quo dan orang-orang mulai kehilangan gairah untuk produk itu, sehingga persaingan untuk meraih pangsa pasar menjadi terbuka lebar.

Pemasaran Pelajaran: Jika Anda memiliki produk yang revolusioner, Anda harus cepat mencari cara untuk mendukung permintaan pasar dan mencari peluang baru dengan agresif seperti yang DropBox lakukan. Selalu berinovasi untuk memenuhi apa yang pelanggan inginkan. Kejarlah pasar baru. Jaga gairah.

Pelajaran # 6: Menjaga roda utama keuntungan Anda

Masalah utama RIM adalah bahwa mereka pikir mereka telah membuat jatuh dan menghantam kompetitor mereka. Pada tahun 2007, mereka berada di puncak dunia ...

Mereka tahu bahwa mereka memiliki pangsa pasar yang begitu banyak sehingga tak ada yang bisa mengalahkan mereka. Namun penjualan terus menurun sejak mereka masih menjadi penguasa dunia

Apa yang terjadi?!

Mereka berhenti berinovasi dan meluncurkan pengulangan produk yang membosankan. Mereka kehilangan arah mereka dan berhenti mendengarkan pelanggan mereka karena mereka pikir mereka telah mengunci persaingan.

Hal yang sama terjadi pada Kodak dan HP. Mereka pikir mereka akan terus memiliki pangsa pasar karena mereka adalah pemimpin pasar Tapi kita telah melihat bahwa pasar bisa berubah dalam waktu kurang dari satu tahun ketika datanglah Apple dan Google untuk menyedot uang mereka.

Pelajaran Pemasaran: Jangan pernah berhenti meneliti pesaing Anda dan memperhatikan bahkan pemain terkecil di pasar karena mereka mungkin memegang kunci untuk laba masa depan untuk Anda.

Pelajaran # 7: Ganti manajemen cepat puas

Masalah RIM adalah bahwa manajemen mereka menolak untuk melakukan perubahan yang diperlukan. Mereka terus-menerus membicarakan tentang posisi RIM, yakin bahwa uang akan mengalir masuk sampai akhir zaman.

Mereka menolak untuk melihat Apple atau Google sebagai pesaing yang perlu dikhawatirkan karena mereka merasa mereka adalah penggerak pertama yang telah mengunci pasar. Sayangnya, mereka tidak pernah datang dengan gagasan lain baru yang besar sejak meluncurkan Blackberry.

Pelajaran pemasaran: Dapatkan orang ke dalam posisi kepemimpinan yang dapat membawa perspektif menyegarkan untuk perusahaan Anda dan produk. Kelilingi diri Anda dengan pemikir kreatif. Jangan biarkan kepuasan dari manajemen menahan perusahaan karena akan mengakibatkan kegagalan.

Pelajaran # 8: SELALU Buat lebih dari satu produk

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, BlackBerry lebih terkenal dari perusahaan. Bahwa ketenaran tersebar karena apa yang disebut "crackberry," dan tampaknya bahwa BlackBerry tak terkalahkan dan akan mendominasi untuk waktu yang lama.

Tapi Anda tidak bisa bertahan sebagai perusahaan jika Anda hanya memiliki satu produk. Ini tidak pernah cukup. The Fusion BlackBerry Mobile adalah langkah yang baik ke arah yang tepat bagi perusahaan ... tapi mungkin terlalu terlambat. Hanya waktu yang akan memberitahu.

Pemasaran Pelajaran: Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang terus-menerus akan mendorong ide-ide baru. Contohlah Google Labs dan semua produk yang keluar dari sana. Penduduknya 'yang bergairah tentang menciptakan produk yang lebih baik bagi pengguna akhir. Tidak semua produk akan sukses, tetapi beberapa yang benar-benar besar, seperti Gmail, telah mengubah permainan. Beberapa produk memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi dari pasar yang berbeda dan tidak benar-benar hanya pada satu.

Kesimpulan

Setiap perusahaan bisa gagal untuk melibatkan pelanggan dalam jejaring sosial dan membangun produk yang dicintai insinyur, tapi dibenci konsumen. setiap perusahaan bisa berpuas diri dan mengabaikan nilai dalam ide-ide karyawan untuk berinovasi.

Apa yang terjadi kepada RIM bisa terjadi pada Google, Apple atau DropBox. Hal ini dapat terjadi pula pada Anda. Itulah sebabnya pelajaran pemasaran nyata dalam kematian RIM yang perlahan adalah untuk selalu berada di jari-jari kaki Anda. Seperti mantan CEO Intel Andy Grove pernah berkata, "Hanya orang paranoid yang mampu bertahan hidup."

Apa anda punya pelajaran lainnya dibalik dari kegagalan RIM?

Kembali ke Halaman 1 

Penulis : Azis White
Pekerjaan : mahasiswa Teknik Elektro Universitas Sriwijaya

0 komentar:

Posting Komentar