07.34
Bill Gates paling dikenal karena kekayaan dan aksi dermawannya. Tapi sesuatu yang menarik terjadi baru-baru ini dan mungkin paling mencolok di antara anggota Forbes 400 lainnya. 

Dilansir dari Forbes, total kekayaan Bill Gates tahun ini mencapai US$ 66 miliar atau naik US$ 6 miliar.

Mengejutkannya, kekayaan bersih Bill Gates sekarang tidak terkait dengan performa saham perusahaan yang didirikannya 37 tahun lalu. 


Karena penjualan saham reguler, saat ini Microsoft 'hanya' menyumbang 1/5 dari aset Bill Gates. Pada Forbes 400 tahun lalu, saham Microsoft masih berkontribusi 1/4 terhadap aset Bill Gates.

Penghasil kekayaan terbesarnya berasal dari entitas investasi bernama Cascade Investment LLC, yang dikelola di Kirkland, Washington, tak jauh dari kantor pusat Microsoft di Bellevue. Kita tidak tahu banyak mengenai Cascade selain posisinya sebagai investasi terbesar dan beberapa bocoran bagaimana strategi investasi pria terkaya di Amerika.

Tahun ini, contohnya, Bill Gates melahap saham Republic Services yang mengoperasikan 334 perusahaan pengumpul sampah, 191 tempat pembuangan sampah dan 74 fasilitas daur ulang. Gates sudah lama jadi pemegang saham utama di Republic Services.

Tapi tahun ini dia meningkatkan kepemilikannya sebanyak 16% seiring saham tersebut hanya naik 3%, menang tipis dari kompetitornya Waste Management. Saham Republic Services yang dimiliki Gates saat ini kurang lebih bernilai US$ 2,2 milyar.

Gates juga meningkatkan kepemilikan sahamnya di jaringan dealer otomotif AutoNation sebanyak 17% dengan nilai total US$ 680 juta. AutoNation memiliki dan mengoperasikan 258 waralaba otomotif baru, sebagian besar di Tenggara.

Berlawanan dengan Republic Services, performa saham AutoNation tahun ini sangat bagus, naik 13% setelah Gates membeli sahamnya. Sumber kekayaan Gates lainnya adalah Ecolab, produsen pakaian pembersih. Sahamnya di situ tidak berubah banyak sejak tahun lalu, tapi tetap menjadi investasi terbesarnya yang diketahui dengan nilai US$ 1,8 milyar.

Ketiga pilihan perdagangan ini secara masuk akal terlihat cukup bernilai, menggandakan pendapatan AutoNation dan Republic Services sekitar 14 kali lipat. Memang, nilainya tidak begitu tinggi seperti Microsoft. Saat ini Microsoft diperdagangkan 9 kali lipat dari pendapatan perusahaan di masa depan. Ini merupakan permainan nilai.

Cascade juga berperan aktif dalam beberapa investasi terbesar Microsoft. Pimpinan Cascade sejak tahun 1994, Michael Larson adalah direktur di beberapa perusahaan tempatnya berinvestasi atas nama Bill Gates, termasuk Republic Services, Autonation, Group Televisa dan Ecolab. Dia juga menduduki jajaran dewan kehormatan Western Asset/Claymore Inflation-Linked Securities & Income Fund, investasi jangka panjang Gates lainnya.


Lainnya Seputar Bill Gates:
5 Rahasia Sukses Bill Gates
Cantiknya Jennifer Gates, Putri Bill Gates
Inilah Pendapat Bill Gates tentang iPad

0 komentar:

Posting Komentar