02.36
Perkembangan dunia start up di Indonesia saat ini bisa dibilang sangat pesat. Meskipun tidak secemerlang karir start up dari Sillicon Valley macam Instagram dan Pinterest yang saat ini tengah digandrungi di seluruh dunia. Setidaknya geliat start up menunjukkan bahwa sebenarnya karya anak bangsa tidak kalah dari produk luar.

Nah, kali ini Gelora Sriwijaya akan membahas tentang start up unik asal kota gudeg Yogyakarta. Sebuah start up bernama PesanSaja ini menjadi salah satu start up yang agak sedikit nyeleneh bagi saya. Sebab dikala fokus pengembangan banyak start up lokal menggarap tentang sosial media ataupun aplikasi mobile. Mereka dengan berani mencoba untuk stands out from the crowds. Membangun sebuah layanan delivery bermacam-macam makanan. Makanan yang menjadi layanan mereka bukan hanya makanan restoran,melainkan makanan apa saja.

Layanan PesanSaja sebenanrnya agak mirip dengan layanan delivery yang telah dulu ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya Klik-Eat.com. PesanSaja.com ini memberikan layanan delivery makanan yang sama dengan beberapa layanan delivery makanan yang lainnya. 

Namun ada sedikit perbedaan pada PesanSaja.com, yaitu pada menu makanan yang ditawarkan. PesanSaja tidak hanya menawarkan layanan deliverymakanan berat saja (makanan restoran), tetapi beberapa kategori makanan lainnya, seperti camilan, kue basah, oleh-oleh, dll.

Ini dia penampakan situsnya. Tampilannya menurut saya lumayan simpel dan to the point sehingga pengunjung tidak perlu mencari-cari fitu yang ditawarkan oleh PesanSaja. Meskipun terlihat begitu simpel sehingga terkesan kurang profesional.









Sama dengan yang dilakukan oeh Klik-Eat.com, pembayaran di PesanSaja menggunakan bank transfer ( Mandiri dan BRI) dan COD (Cash On Delivery). Biaya yang dikenakan pada pemesan sebesar Rp 10.000 untuk tiap pemesanan. Sedang bagi pemesan di luar daerah Yogyakarta jumlah biaya akan dikonfirmasikan pihak PesanSaja melalui telepon atau via email. Itulah cara PT. Dipeta untuk menghasilkan uang dari PesanSaja. Tidak hanya PesanSaja yang dimiliki oleh PT Dipeta,mereka juga memiliki start up lain bernama t4nya.com.

Nah, geliat perkembangan teknologi yang amat pesat memang menuntut kita untuk jeli membaca pasar. Itulah yang dilakukan anak-anak Yogyakarta yang banyak memunculkan start up unik. Semoga keunikan itu juga diikuti dengan pemasukan yang besar. 

Menarik untuk disaksikan bagaimana kelangsungan hidup start up lokal yang mulai berjaya di negeri sendiri.


Bagi anda yang punya perusahaan start up dan ingin mempopulerkan usaha anda. Silahkan kirim email ke gsriwijaya@gmail.com untuk direview di situs GeloraSriwijaya.com

0 komentar:

Poskan Komentar