02.21
7
Menjadi blogger sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Menjadi sukses berarti memiliki nilai-nilai tersendiri.Seperti yang pernah saya paparkan sepuluh definisi sukses terbaik.


Sukses berarti anda melakukan yang terbaik yang anda bisa, menurut kemampuan anda,dan berdasarkan kepercayaan anda anda mampu mengubah sampah menjadi emas.

Beberapa blogger mengawali kesuksesan mereka setelah melalui perjalanan yang amat panjang dan penuh perjuangan. Hingga menjadi blogger idola dari blogger-blogger lain yang masih pemula.Nah, ada 7 tips menarik dari saya yang akan membantu anda untuk menjadi blogger sukses.

1. Pelajari SEO
Kemampuan untuk menaklukan mesin pencari adalah mutlak dibutuhkan bila anda ingin menjadi blogger yang sukses.Tak bisa disangkal,bila anda menguasai mesin pencari anda akan mendapatkan limpahan traffik. 
Traffik = Uang 
Apalagi hampir 95% orang mencari berita ataupun informasi menggunakan search engine.Itu adalah celah yang harus anda manfaatkan.Sekali anda menguasai SEO, anda akan mendapatkan banyak traffik dan disitulah orang akan berebut untuk menaruh iklan di blog anda.

2. Tempatkan "Tentang Penulis" di bawah postingan
Tips ini belum saya lakukan tapi akan segera saya terapkan di blg ini setelah saya mempelajari hampir seluruh blog-blog ternama di dunia selalu menambahkan bagian tentang penulis di bawah postingan. Sebab pembaca lebih suka mengetahui tulisan siapa yang mereka baca,dibanding postingan tanpa profil yang membuat mereka meragukan kredibilitas pemilik blog.

3. Tinggalkan komentar dengan cerdas
Cobalah untuk selalu memberikan komentar yang cerdas di tiap postingan yang anda baca. Komentar yang berisi seperti "Nice post gan", "Thanks for Share",dll yang seadanya hanya membuat anda dipandang tidak serius berkomentar oleh pemilik blog.Komentar yang baik tentu akan mendapatkan sambutan dari pemilik blog bahkan tidak jarang komentator yang baik akan mendapatkan backlink gratis dari si empunya blog.

4. Buatlah blog anda hidup
Bila ada orang berkomentar,responlah komentar tersebut.Jangan membuat blog anda seperti blog Zombie yang hidup segan mati tak mau sehingga orang pun enggan untuk berkomentar ataupun terlibat aktif dalam blog anda.

5. Buat navigasi yang mudah bagi pembaca
Buatlah navigasi yang mudah terlihat oleh pembaca anda sehingga mereka betah berlama-lama di blog anda.

6. Gunakan Image dalam postingan
Penggunaan gambar pada postingan sangat berpengaruh pada penampilan isi postingan anda, juga mampu menarik perhatian pengguna serach engine.Baca 5 tips optimasi gambar untuk memenangi SEO.Pengunaan gambar juga agar blog anda terlihat lebih manis.Seperti kata pepatah," satu gambar setara dengan seribu kata-kata."

7. Jadi Blogger tamu
Mulailah menulis untuk blog orang lain sesuai niche blog anda.Menjadi blogger tamu di blog yang sudah tenar mampu dengan cepat menaikkan rating blog anda.Bahkan menjadi blogger tau di blog yang belum tenar pun sudah menunjukkan kalau anda memang orang yang serius dalam dunia blogger.Sangat mudah untuk mengetahui hal itu,dan itu membuat popularitas blog anda cepat meningkat.

Demikialah tulisan saya 7 'Killer" tips yang membantu anda untuk manjadi blogger sukses.Semoga bermanfaat.

7 komentar:

  1. tips yang cemerlang gan, kalau mau belajar SEO kemana ya gan? :)

    BalasHapus
  2. Banyak gan..
    belajar di forum2..

    bisa juga blajar dan ngembangin teknik sendiri

    BalasHapus
  3. masih belajar saya sob, belum sejago seperti orang2 lainnya hehe cukup memberi pengetahuan :)

    BalasHapus
  4. santai gan..
    seperti kata Will SMith
    " Skill itu didapat dari kerja keras menit ke menit selama bertahun-tahun."

    BalasHapus
  5. mantap infonya guys,,,berguna sekali buat saya yg newbie

    BalasHapus
  6. Semua poin di atas masuk di akal gan...tips yang menarik untuk dipraktekan...salam blogger.

    BalasHapus
  7. terima kasih sob.. atas infonya.
    ijin bookmark soalnya info ini begitu berharga bagi saya

    BalasHapus