15.52
Menjaga agar badan tetap sehat secara teori sepertinya sangat mudah diikuti yaitu dengan konsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur dan tidur yang cukup maka kita akan tetap sehat dan bugar.



Mudah? Tidak juga, karena kebiasaan yang Anda lakukan dalam berbagai hal yang tujuan awalnya baik ternyata bukannya memiliki manfaat kesehatan tapi malah membuat kesehatan menjadi terganggu.

Berikut daftar kebiasaan yang dianggap baik namun ternyata membahayakan kesehatan Anda:

1. Konsumsi suplemen dan vitamin berlebih

Vitamin & suplemen memang sangat penting bagi tubuh, tapi bukan berarti Anda mengkonsumsinya terlalu banyak dan sering. Tubuh kita hanya bisa menggunakan vitamin yang dibutuhkan saja dan kelebihannya akan dikeluarkan lewat keringat atau air seni.

Selain itu ada juga efek samping dari konsumsi vitamin dalam dosis besar diantaranya masalah pencernaan (vit C), racun bagi janin bayi (vit A), kerusakan saraf (Vit B6), dll. Jadi sebisa mungkin fungsi suplemen dan vitamin hanya melengkapi makanan yang kita makan.

2. Menggunakan pembersih tangan berlebihan

Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan pembersih tangan setiap kali Anda memiliki kontak dengan dunia luar maka sebaiknya segera dikurangi. Studi terbaru menunjukkan bahwa pembersih yang mengandung triclosan ternyata dapat membuat bakteri dan virus menjadi resisten (kebal) terhadap obat antibiotik.

Kecuali Anda berada di tempat yang penuh kuman seperti rumah sakit, maka sabun dan air bisa Anda gunakan ataupun menggunakan pembersih berbentuk gel (Sebaiknya memilih produk pembersih tangan yang mengandung setidaknya 55 % alkohol yang dapat membunuh 98 % bakteri).

3. Menyikat gigi sehabis makan

Kebiasaan menyikat gigi setiap habis makan kedengarannya suatu kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi, kebersihan dan menghilangkan karang gigi / plak. Namun begitu, sisa makanan ternyata menimbulkan asam di gigi yang melemahkan enamel, sehingga bila kita langsung menyikat gigi ada kemungkinan enamel akan menjadi rusak.

Jadi ketimbang langsung menggosok gigi setelah makan sebaiknya cukup berkumur dengan air bersih dan menundanya sampai pagi atau malam hari.

4. Menunda Makan

Kebiasaan tidak makan / menunda makan baik saat pagi, siang atau malam dengan kemudian balas dendam makan banyak dalam kurun waktu bersamaan kedengarannya tepat karena konsumsi kalori harian tubuh secara logika tetap sama.

Tapi hal tersebut salah karena tubuh kita tidak akan bisa mencerna makanan yang masuk dalam jumlah banyak (tergantung metabolisme tubuh), dan ketika hal itu terjadi maka enerji yang berlebih tersebut dapat menjadi timbunan lemak dan membuat berat badan bertambah.

5. Selalu minum air dalam kemasan
Dengan hanya memimum air botol kemasan dan selalu menghindari air PAM mungkin Anda berpikir hal tersebut sangat sehat, namun mitos kesehatan itu tidak selalu benar karena air minum kemasan tidaklah mengandung fluoride yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Jadi sebaiknya selain minum air botol dalam kemasan selingi juga dengan ataupun air yang sudah disaring dengan water purifier agar air bebas dari kotoran dan tetap mengandung fluoride.

6. Hanya melakukan latihan cardio untuk menghilangkan lemak

Cara terbaik menurunkan berat badan adalah dengan melakukan latihan cardio, tapi jika Anda hanya terus menerus melakukan cardio maka badan akan terbiasa dan tubuh mulai membakar lebih sedikit lemak.

Jadi yang harus dilakukan supaya menjadi kurus dengan cepat adalah dengan melakukan juga latihan angkat beban minimal sekali dalam seminggu. Hal ini penting karena dengan meningkatnya massa otot akan mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang pada akhirnya membakar lemak lebih banyak.

7. menghindari Minum air dingin setelah makan supaya tidak membekukan lemak

Ini udah pasti salah, karena Air dingin itu suhunya diatas 0 derajat celsius, dan perut kita panasnya 37 derajat celsius.

kalau es yang 0 derajat celsius aja meleleh di suhu ruangan (21 derajat celsius) apalagi air dingin yang cuma 5-10 derajat celsius di perut kita yang 37 derajat celsius?

8. mengurangi porsi makan secara drastis saat diet


memang nggak salah, tapi kalo kalori intake terlalu rendah, tubuh akan beradaptasi dan metabolisme bisa menurun, yang mengakibatkan turunnya pembakaran kalori harian

9. menghindari makan daging
TETOT! justru para bodybuilder yang sixpack dan memiliki kadar lemak rendah itu sering makan daging. daging memiliki kadar protein yang tinggi, sehingga bisa menaikkan metabolisme tubuh dan membantu menambah massa otot setelah latihan

10. terlalu banyak belajar

justru terkadang orang yang terlalu banyak belajar kalah hasilnya dengan orang yang belajar lebih sedikit namun efektif. cobalah belajar dengan efektif agar hasil berbanding lurus dengan effort anda


0 komentar:

Poskan Komentar